Wednesday, October 22, 2008

Judul

Usulan/proposal penelitian merupakan tulisan ilmiah yang berisi jabaran tentang suatu kegiatan penelitian yang akan dilakukan. Usulan penelitian harus tersaji secara jelas apa, mengapa dan bagaimana penelitian itu akan dilakukan dan juga harus jelas disebutkan kapan dan berapa dana yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. Usulan/proposal penelitian memiliki tujuan:

  • Menjabarkan ide penelitian menjadi rancangan pelaksanaan yang lebih nyata dan selanjutnya dapat dipakai sebagai blueprint pelaksanaan penelitian.
  • Meyakinkan pihak lain agar dapat memberikan sumber dana, ijin, fasilitas dan sebagainya.

JUDUL
Judul merupakan bagian pertama yang dibaca, sehingga judul hendaknya singkat dan luas, mencerminkan isi, menarik dan spesifik. Dengan demikian diharapkan dengan membaca judul saja, sudah jelas mengenai gambaran tentang isi pokok dari penelitian tersebut. Berikut ini beberapa hal mengenai judul:

  • Hindari judul yang mengaburkan hati dan terlalu panjang (pada umumnya judul berisi 16 kata, maksimum 18 kata).
  • Jika mengandung bahasa asing yang sudah umum, bisa diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Akan tetapi, jika bahasa asing tersebut tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia –atau bisa diterjemahkan akan tetapi maknanya justru sulit dimengerti, maka lebih baik dibiarkan dalam bentuk bahasa asing, hanya saja penulisannya dimiringkan.
  • Judul bisa diambil dari tema/topik, sedangkan tema/topik bisa diambil dari tujuan penulisan.

ABSTRAK/RINGKASAN
Abstrak merupakan perluasan dari judul atau merupakan pemampatan/intisari dari isi keseluruhan naskah/laporan penelitian. Abstrak berbeda dengan simpulan, karena simpulan hanya merupakan intisari dari hasil analisis dan pembahasan. Ringkasan/abstrak mengandung 4 hal penting, yaitu:

  • Apa yang akan dilakukan
  • Mengapa penelitian dilakukan
  • Bagaimana penelitian dilakukan
  • Dimana dilakukan

Artinya, abstrak mengandung permasalahan, tujuan dan manfaat, metode dan hasil analisis dan pembahasan. Penulisan abstrak bisa dibagi menjadi 3 alinea. Dimana alinea pertama berisi permasalahan (yang mencakup dasar teori dan data penelitian), alinea kedua berisi tujuan analisis dan alinea ketiga berisi hasil analisis dan pembahasan.

SURAT PERNYATAAN
Digunakan untuk membuktikan bahwa tulisan yang dibuat bukanlah hasil plagiat dari tulisan lain. Lembar pernyataan ini sudah memiliki format tertentu.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 comments: