Wednesday, October 22, 2008

Pendahuluan

LATAR BELAKANG MASALAH
Permasalahan terjadi apabila terdapat kesenjangan (gap) antara des hollen (harapan) dan des sign (kenyataan). Dalam latar belakang, perlu dipaparkan semua hal yang menyangkut mengapa penelitian tersebut perlu dilaksanakan, apa pentingnya, mengapa hal tersebut dipermasalahkan dan seberapa besar permasalahannya. Untuk mempertajam permasalahan yang diangkat, perlu dipaparkan teori-teori dasar yang ditunjang dengan data yang cukup tentang gap antara des hollen dan des sign tersebut.

Untuk membuat latar belakang, sebaiknya dibuat menjadi 4 alinea:

  1. Teori secara ringkas/singkat
  2. Fakta, kenyataan atau data di lapangan
  3. Permasalahannya
  4. Apa yang akan di analisis.
    Sehingga dalam alinea keempat nantinya akan muncul kalimat:

    Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka dalam tugas akhir ini akan dibahas mengenai …

RUMUSAN MASALAH
Rumusan Masalah ditulis dalam bentuk kalimat tanya, singkat dan jelas. Dengan menggunakan kalimat tanya, akan lebih mudah memperoleh sifat-sifat tajam dan spesifik tentang inti permasalahan. Sehingga, hal-hal yang muncul di BAB IV nantinya, semuanya merupakan jawaban dari kalimat-kalimat tanya yang ditanyakan di dalam Rumusan Masalah ini.

TUJUAN PENELITIAN
Jika Rumusan Masalah dibuat dengan menguunakan kalimat tanya, maka Tujuan Penelitian dibuat dengan menggunakan kalimat pernyataan yang kongkrit dan jelas tentang apa yang akan diuji, dikonfirmasi, dibandingkan dan dikorelasikan dalam penelitian tersebut. Tujuan Penelitian harus jelas, spesifik dan realistis. Sehingga, dalam Tujuan Penelitian nantinya terdapat kalimat:

Tujuan dari hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui …

MANFAAT PENELITIAN
Manfaat Penelitian mencakup implikasi dari hasil penelitian yang akan diperoleh, baik terhadap pengembangan ilmu itu sendiri maupun penggunaan praktisnya bagi masyarakat serta institusi yang bersangkutan. Contoh bentuk kata-kata dalam Manfaat Peneilitan:

Manfaat dari hasil penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai acuan …

RUANG LINGKUP DAN BATASAN MASALAH
Diperlukan agar tulisan yang kita buat nantinya tidak mencakup permasalah yang terlalu lebar. Contoh bentuk kata-kata dalam Batasan Masalah:

Melihat luasnya permasalahan yang ada, maka dalam tugas akhir ini akan dibatasi pada masalah-masalah sebagai berikut:

SISTEMATIKA PEMBAHASAN

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 comments: