Wednesday, March 12, 2008

Persamaan Diferensial

Persamaan diferensial adalah suatu persamaan yang meliputi turunan fungsi dari satu atau lebih variabel terikat terhadap satu atau lebih variabel bebas. Persamaan diferensial terdiri dari :

  • Persamaan Diferensial Biasa : jika turunan fungsi bergantung pada satu variabel bebas.
  • Persamaan Diferensial Parsiil : jika turunan fungsi bergantung pada lebih dari satu variabel bebas.

Hubungan antara variabel bebas x, variabel tak bebas y, dan satu atau lebih koefisien diferensial y terhadap x adalah :

Telecommunication Image

Beberapa aturan standar turunan ditunjukkan oleh tabel di bawah ini :

Telecommunication Image

Untuk perkalian dan pembagian pada turunan memiliki bentuk sebagai berikut :

  1. Hasil kali
  2. Jika Telecommunication Image, maka : Telecommunication Image

  3. Hasil bagi
  4. Sedangkan jika Telecommunication Image, maka : Telecommunication Image

Sedangkan jika F merupakan sebuah fungsi x, maka untuk menyelesaikan turunan dari fungsi F tersebut dapat digunakan aturan rantai, sebagaimana terlihat dalam tabel di bawah ini :

Telecommunication Image

Sedangkan orde suatu persamaan differensial ditentukan oleh turunan tertinggi yang terdapat dalam persamaan tersebut. Perhatikan beberapa contoh di bawah ini :

  • Telecommunication Images, adalah persamaan differensial orde pertama.
  • Telecommunication Images, adalah persamaan differensial orde kedua.
  • Telecommunication Images, adalah persamaan differensial orde ketiga.

Contoh :
Tentukan Telecommunication Image dalam fungsi berikut :

  1. y = x2tan x
  2. y = (sin 3x)/(x+1)
  3. y = (4x + 3)6

Penyelesaian :

  1. y = x2tan x
    Telecommunication Image = x2sec2 x + 2xtan x
    Jadi Telecommunication Image = x(sec2 x + 2tan x)
  2. y = (sin 3x)/(x+1)
    Telecommunication Image = Telecommunication Images
  3. y = (4x + 3)6
    Telecommunication Image = 24(4x + 3)5

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

4 comments:

Anonymous said...

thanks ya. kebetulan sy lagi cari bahan persamaan diferensial

suhadi said...

Yup, sama-sama boz. Saya senang bisa membantu :P

FLEXTER@ZI said...

salam kenal...saya endah mahasiswi angk 2004. sekarang saya sedang skripsi, judul yang saya ambil berkaitan dengan matematika keuangan yaitu meneliti tentang nilai sensitifitas dalam opsi eropa. penghitungan yang diambil banyak menggunakan persamaan differensial. masalah yang saya hadapi sekarang adalah pemecahan dalam persamaan differensial.saya sangat berharap bantuan dari anda, tolong saya pecahkan soal ini. karena ini yang menjadi pokok skripsi saya.
dimana terdapat persamaan
,
Jika persamaan diatas diturunkan terhadap

Mungkin itu kesulitan yang saya hadapi, saya mohon dengan sangat bantuan dari anda. Mohon maaf jika saya sudah merepotkan anda. Terima kasih banyak sebelumnya, semoga bantuan yang telah anda berikan mendapat imbalan dari Allah. Amin.

Anonymous said...

bro, apa c beda na persamaan order 1 dan orde 2???